Penggunaan Material untuk Green Building

Penggunaan Material untuk Green Building
Penggunaan Material untuk Green Building
Penggunaan Material untuk Green Building
Penggunaan Material untuk Green Building

Penggunaan Green Building atau bangunan hijau di saat ini akan sangat mendukung kelestarian lingkungan dan mengurangi dampak negatif pemanasan global. Pada saat merencanakan konsep desain bangunan hijau harus mempertimbangkan bahan material yang juga mendukung lingkungan. Intinya bahwa material yang digunakan harus bersifat sebagai material dapat diperbaharui atau renewable.

Baca juga : Jasa Arsitek Jakarta yang mampu mendesain bangunan berkonsep Green Building

Material yang digunakan dalam bangunan hijau harus seefisien mungkin mengurangi material lainnya seperti baja dan beton. Namun penggunaan material baja dan beton bertulang dimaksudkan agar bangunan menjadi lebih kuat berdiri. Pada konsep bangunan hijau ini seharusnya menggunakan semua material yang dapat diperbarui. Ada beberapa material dapat diperbarui yang umumnya dipakai dalam pendirian bangunan hijau.

Material kayu merupakan salah satu bahan yang digunakan untuk desain Green Building. Saat ini bahan kayu telah dapat direkayasa agar dapat bertahan lama, lebih awet dan tahan terhadap segala jenis cuaca. Penggunaan material kayu akan menghasilkan energi lebih sedikit daripada penggunaan material material dari baja atau beton pada saat proses konstruksi.

Penggunaan bahan bambu sebagai material pembuatan bangunan hijau sebenarnya telah dilakukan sejak dahulu. Material bambu lebih kuat terhadap tekanan dan lebih tahan terhadap gangguan cuaca. Agar bangunan lebih kuat dapat menggabungkan beberapa material.

Konsep Green Building akan lebih menghemat biaya dalam konstruksinya. Bangunan dengan konsep ini akan memberi kesejukan alami saat berada di dalamnya.

Penggunaan konsep ini bukan berarti menghilangkan unsur estetis dari desain arsitektur itu sendiri, namun memberikan desain yang indah yang eye-catching tanpa mengorbankan tujuan utam dari konsep green building tersebut.

Akan tetapi, agar maksimal dalam mendesain dengan konsep tersebut, ada baiknya memahami teknologi-teknologi terbaru sehingga mampu mengoptimalkan desain-desain lain yang sudah dirancang.

Dengan kata lain, sangat salah bila orang beranggapan konsep green building ini mengurangi estetik bangunan. Karena selalu ada persepsi dan cara untuk membuat Indah suatu karya arsitektur.

Namun kembali lagi bila Anda tidak memiliki kemampuan atau ilmu yang bisa mewujudkan konsep ini. Ada baiknya diserahkan kepada yang ahli.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*